Apakah Adaptor Powerline Bagus Untuk Gaming?

– Iklan –

Memilih gadget gaming yang tepat bisa sangat menegangkan, terutama bagi pemula. Anda harus memutuskan komputer game, konsol game, atau kabel terbaik; terkadang, Anda mungkin memerlukan adaptor. Adaptor game sangat penting karena membantu meningkatkan sinyal lemah dan memastikan gamer mempertahankan koneksi yang stabil saat memainkan game favorit mereka.

Namun, ada adaptor game yang berbeda tergantung pada kabel yang digunakan untuk menghubungkan adaptor. Ini termasuk adaptor powerline yang terhubung melalui kabel Ethernet dan adaptor MoCA yang terhubung menggunakan kabel coax.

Baca Juga:

Artikel ini akan fokus pada adaptor powerline dan membantu Anda menentukan apakah adaptor tersebut bagus untuk bermain game. Anda juga akan belajar tentang hal berikut saat kami mempelajari lebih lanjut artikel ini:

– Iklan –

Langsung ke

Apa itu Adaptor Powerline?

Adaptor Powerline Terbaik

Adaptor Powerline adalah bagian dari gadget komunikasi yang memungkinkan Anda untuk menerapkan outlet listrik Anda sebagai dasar untuk komunikasi Ethernet. Mereka memungkinkan Anda untuk membuat jaringan internet berkecepatan tinggi dengan memanfaatkan kabel Ethernet yang ada daripada membeli yang baru.

Adaptor ini paling baik digunakan di rumah-rumah di mana sinyal Wi-Fi melemah secara signifikan karena gangguan terus-menerus dari sinyal di sekitarnya atau dinding tebal. Adaptor Powerline memiliki kapasitas untuk meningkatkan koneksi internet kabel Anda dan, dalam beberapa kasus, juga meningkatkan koneksi nirkabel Anda.

Karena kita sekarang tahu apa itu adaptor, mari kita lanjutkan untuk mempertimbangkan keuntungan dan kerugian menggunakan adaptor saluran listrik untuk meningkatkan koneksi internet Anda.

Pro Dan Kontra Adaptor Powerline

Adaptor saluran listrik dapat memberi Anda banyak manfaat jika digunakan dengan benar, tetapi beberapa kelemahan dapat diamati selama penggunaannya. Meskipun demikian, masuk akal untuk menyebut gadget itu bagus jika kelebihannya melebihi kekurangannya.

Kelebihan Adaptor Powerline

  • Mudah digunakan dan terhubung ke stopkontak melalui kabel Ethernet
  • Biasanya, berikan koneksi yang aman dan terjamin
  • Beberapa mendukung koneksi nirkabel melalui fitur Wi-Fi bawaan
  • Tidak diperlukan pengetahuan teknis untuk penyiapan
  • Menawarkan koneksi jarak jauh hingga 300m
  • Latensi rendah
  • Koneksi internet berkecepatan tinggi
  • Murah dan hemat biaya

Kontra Adaptor Powerline

  • Kecepatan internet mungkin lebih lambat dari yang diklaim
  • Ini membutuhkan sambungan listrik langsung (membutuhkan ketersediaan dua atau lebih outlet listrik)
  • Beberapa tidak mendukung banyak koneksi sekaligus (perangkat pada satu waktu)
  • Gangguan dari sinyal sekitar seperti pengeras suara

Apakah Adaptor Powerline Bagus Untuk Gaming?

– Iklan –

Sama seperti Anda memilih setiap komponen lain dari sistem permainan Anda berdasarkan preferensi pribadi, memutuskan apakah Anda memerlukan adaptor powerline tergantung pada pilihan Anda. Secara keseluruhan, adaptor powerline bukanlah pilihan yang buruk untuk bermain game karena mereka menyediakan koneksi internet yang lebih stabil dan latensi yang lebih rendah daripada banyak perangkat Wi-Fi yang akan Anda temukan di sana.

Adaptor ini bahkan dapat memberi Anda pengalaman bermain game yang lebih baik dan menghilangkan terputusnya koneksi internet karena gangguan dari perangkat di sekitarnya. Namun, totalitas pengalaman bermain game Anda saat menggunakan adaptor powerline tergantung pada jenis dan model adaptor powerline.

Anda akan menemukan tiga (3) adaptor powerline umum di sebagian besar toko game: AV, AV2, dan standar G.hn. Adaptor powerline ini memiliki kekuatan yang berbeda dalam hal kecepatan dan keandalan internet.

– Iklan –

G.hn adalah versi terbaru dari adaptor powerline dan yang paling produktif, dengan kecepatan internet hingga 2400Mbps. Jadi, ini adalah standar yang paling direkomendasikan untuk bermain game. AV dan AV2 juga sangat baik, dengan kecepatan internet masing-masing hingga 500Mbps dan 200Mbps.

Singkatnya, itu tergantung pada Anda untuk memutuskan apakah standar adaptor powerline yang disebutkan di atas dapat memenuhi kebutuhan game Anda, atau Anda dapat mempertimbangkan alternatif yang dibahas di bagian selanjutnya.

Adaptor Powerline Terbaik Di Amazon

Memilih adaptor saluran listrik untuk dibeli, terutama di toko online populer seperti Amazon, bisa jadi sulit mengingat jumlah penjual produk. Namun, Anda perlu sangat khawatir tentang ini karena kami juga telah mengambil tekanan pada diri kita sendiri dan menyusun daftar beberapa adaptor saluran listrik terbaik di Amazon untuk Anda:

Harap dicatat bahwa kecepatan perangkat mungkin berbeda dari apa yang Anda dapatkan setelah pembelian karena ini tergantung pada faktor yang berbeda; namun, itu selalu lebih baik daripada router rumah Anda dan, dalam banyak kasus, mungkin tidak signifikan.

Baca Juga:

Cara Mengatur Adaptor Powerline

Menyiapkan adaptor powerline bukanlah hal yang sulit karena Anda dapat dengan mudah memahami prosesnya dengan memeriksa manual yang disertakan atau mencoba memecahkan teka-teki sendiri. Adaptor saluran listrik Anda dapat diatur dan dijalankan hanya dalam 3 langkah, dan kami akan menguraikannya di bawah jika Anda mengalami masalah dengan ini:

Bagaimana menghubungkan adaptor Powerline
  • Colokkan salah satu adaptor powerline ke stopkontak dan sambungkan ini ke router rumah Anda menggunakan kabel Ethernet Anda
  • Colokkan adaptor powerline lain ke stopkontak lain dan sambungkan juga menggunakan kabel Ethernet ke komputer atau gadget game Anda
  • Terakhir, pasangkan adaptor saluran listrik ini bersama-sama, biasanya melalui tombol di atasnya, dan Anda dapat mulai menikmati koneksi internet berkecepatan tinggi di kamar Anda.

Alternatif Untuk Adaptor Powerline

Tidak banyak alternatif untuk adaptor saluran listrik, setidaknya tidak ada yang menggunakan teknik operasi serupa. Namun, Anda masih dapat mempertimbangkan salah satu opsi berikut alih-alih menggunakan adaptor powerline.

Adaptor MoCA

Ini bisa dibilang alternatif terbaik untuk adaptor daya di pasar dan beroperasi dengan cara yang hampir sama dengan yang terakhir. MoCA, yang berarti Multimedia over Coax, memungkinkan Anda menerapkan kabel coax sebagai ganti kabel Ethernet untuk mencapai kecepatan internet tinggi.

Adaptor ini memiliki kecepatan internet hingga 1 Gbps dan koneksi yang lebih andal daripada adaptor powerline. Namun, Anda harus tahu bahwa kecepatan internet mungkin lebih rendah dari ini dan melibatkan beberapa pengetahuan teknis selama instalasi atau pengaturan.

POLRE

Alternatif lain yang tidak populer untuk adaptor powerline adalah POLRE. POLRE singkatan Power over Long Range Ethernet dan cocok untuk meningkatkan koneksi Ethernet Anda ketika adaptor powerline tidak dapat menutupi jarak secara efektif.

Perangkat POLRE biasanya memiliki fungsi lain yang membuatnya lebih baik daripada alternatif adaptor saluran listrik lainnya. Kecepatannya berada dalam kisaran adaptor saluran listrik karena pada dasarnya mereka bekerja dengan cara yang sama, tetapi untuk perbedaan jarak yang ditempuh.

Anda juga dapat menjelajahi beberapa perangkat nirkabel seperti router rumah dan perangkat Wi-Fi daripada membeli adaptor saluran listrik jika Anda yakin dengan efisiensi kekuatan sinyal Anda.

Kesimpulan

Bermain game dengan koneksi internet berkualitas tinggi benar-benar dapat membuat bermain game lebih menyenangkan. Sayangnya, koneksi nirkabel rentan terhadap beberapa gangguan, membuat game menjadi lambat dan memperburuk pengalaman bermain game. Dengan demikian, Anda mungkin perlu mempertimbangkan metode koneksi tradisional untuk menghidupkan kembali pengalaman tersebut.

Adaptor Powerline adalah salah satu cara untuk mencapainya dengan mudah, tetapi Anda harus yakin bahwa adaptor tersebut dapat memenuhi standar permainan Anda sebelum membelinya.

– Iklan –