Hosting: Definisi, Fungsi, dan Cara Kerja

Hosting mempunyai peran yang sangat penting di dunia internet terutama pengelolaan website.

Tidak adanya hosting mengakibatkan semua data yang ada di dalam sebuah situs tidak bisa tampil pada browser. Sehingga, website yang Anda miliki tidak dapat diakses oleh para pengunjung.

Berikut akan dijelaskan lebih rinci mengenai hosting, mulai definisi, fungsi, jenis-jenis, serta cara kerjanya.

Definisi Hosting

Hosting dapat dikategorikan sebagai sebuah menyimpan semua file media dan data dari website sehingga dapat diakses melalui internet. File yang dimaksud dapat berupa foto, gambar, video, scripts, aplikasi, maupun database.

Secara sederhana, saat Anda mengakses sebuah website maka website tersebut akan menampilkan sejumlah file seperti gambar di layar HP atau komputer. Supaya dapat mengakses file tersebut via internet, maka file dan data tersebut harus disimpan dalam sebuah server.

Server merupakan sebuah perangkat komputer yang terhubung ke internet. Server ini dapat diakses oleh pengguna lain di manapun mereka berada.

Penyedia layanan hosting mempunyai fasilitas server serta layanan lain yang dapat memudahkan Anda dalam pengelolaan website.

Fungsi Hosting yang Utama

Hosting mempunyai fungsi utama sebagai layanan penyedia tempat penyimpanan file dan media. Selain itu, hosting juga mempunyai fungsi sebagai tempat menyimpan file konten dari website, menyimpan konten berbasis data seperti penjualan online, mengelola email, dan mengelola DNS.

Aneka Jenis Hosting

Hosting terbagi menjadi beberapa jenis. Sebelum menggunakan website, pastikan Anda sudah memilih jenis layanan hosting yang sesuai dengan kebutuhan.

Shared Hosting

Shared hosting merupakan salah satu jenis hosting dimana servernya dipakai oleh banyak user sekaligus. Secara sederhana, Anda harus berbagi server dengan pengguna lain jika menggunakan hosting jenis ini.

Berbagi server berpengaruh pada performa website Anda terutama saat trafik pengguna lain sedang tinggi.

Cloud Hosting

Cloud hosting memiliki kemudahan dalam penggunaannya seperti saat Anda menggunakan shared hosting. Hanya saja, cloud hosting memiliki beberapa server dalam penggunaanya.

Penggunaan beberapa server tersebut memungkinkan website jarang mengalami gangguan. Hal ini dikarenakan server lainnya akan menggantikan kerja dari server yang error tersebut.

Website yang menggunakan layanan cloud hosting memiliki jaminan loading yang lebih cepat dibanding web host lainnya.

Jaminan akses website 40x lebih cepat dapat Anda temukan pada paket ecommerce cloud hosting dari Ardhosting. Mengusung konsep sebagai penyedia ecommerce cloud hosting Indonesia terbaik dan handal, Ardhosting berupaya membantu orang-orang yang memiliki usaha dan ingin beralih ke online atau ingin memiliki website resmi sebagai tempat berjualan.

VPS Hosting

Virtual Private Server atau VPS hosting merupakan layanan hosting dimana resource nya disediakan oleh satu user saja. layanan ini memberikan Anda akses untuk mengatur dan mengelola resource dalam sistem operasional website.

WordPress Hosting

Hosting yang ini merupakan layanan hosting khusus untuk wordpress dimana penggunaannya sama seperti shared hosting. Namun, yang membedakan adalah konfigurasi servernya khusus pengguna wordpress.

Dedicated Hosting

Layanan hosting ini hanya digunakan oleh satu user dan hanya bisa diakses oleh satu user tersebut. Dengan dedicated hosting, Anda akan terhindar dari downtime website.

Anda akan diberikan akses penuh terhadap server. Hosting jenis ini cocok bagi website dengan trafik tinggi.

Cara Kerja dari Hosting

Penyedia layanan hosting akan menyediakan ruang server tempat untuk menyimpan segala kebutuhan website.

Saat website diakses, internet akan mengirim permintaan akses kepada server hosting. Lalu, server merespon dengan mengirimkan data dari alamat website dalam bentuk tulisan maupun gambar.

Dalam pemakaian web hosting, Anda harus membayar biaya sewa bulanan. Bagi Anda yang mencari web hosting murah namun berkualitas, Anda bisa mempercayakannya kepada Ardhosting.

Ardhosting merupakan penyedia web hosting murah dan handal di Indonesia. Anda bisa menemukan banyak paket hosting murah hanya di Ardhosting.