5 Wisata Jogja Terpopuler dan Serunya Ngayogjazz 2022

Menikmati Yogyakarta di tengah gerimis ditemani oleh lantunan musik Jazz berpadu dengan alam , pastinya akan terasa sempurna. Yup, inilah yang bisa kamu dapatkan ketika mengunjungi Yogyakarta di bulan November untuk menikmati wisata Jogja sekaligus mendengarkan syahdu musikalitas jazz di Ngayogjazz  2022.

Tapi sebelum kesana, yuk kita intip dulu, sekilas tentang Ngayogjazz 2022 dan apa saja destinasi wisata yang asyik dikunjungi selama liburan di Jogja.

Ada Apa di Ngayogjazz 2022

Festival musik tahunan Ngayogjazz 2022 dijadwalkan berlangsung pada Sabtu, 19 November 2022. Bertempat di Cibuk Kidul, Margoluwih, Seyegan, Sleman, jam buka gelaran acara tersebut adalah pukul 13.00-22.00 WIB. Line-up Ngayogjazz edisi ke-15 ini berisi sederet musisi kondang seperti Monita Tahalea, Barry Likumahuwa Jazz, hingga Nona Ria X Dua Empat. Ngayogjazz merupakan festival musik jazz tahunan Yogyakarta yang digelar sejak 2007 silam

Jadwal Ngayogjazz 2022

Ngayogjazz  2022 terbuka untuk masyarakat umum dan tanpa dipungut biaya. Setiap tahun, event ini digelar di desa-desa yang terletak di wilayah Yogyakarta. Pemilihan lokasi tersebut bertujuan untuk menunjukkan musik jazz bisa dinikmati semua kalangan. Stigma bahwa jazz adalah musik “mahal” juga ingin mereka hilangkan.

 Ngayogjazz edisi ke-15 ini mengusung tema “Kena Jazz-é, Tetep Bening Banyuné”. Sebelum acara puncak dilangsungkan pada 19 November mendatang, ada beberapa program pra-event yang diadakan. Salah satunya adalah Jogja Festival Tour “Behind The Festival”. Tujuan dari Berikut ini rincian jadwal pra-event Ngayogjazz 2022 tersebut:

  • Materi dan Diskusi. Citraweb, Jalan Magelang KM 07, Jombor Baru, Sendangadi, Kecamatan Mlati, Sleman. Senin, 14 November 2022, mulai pukul 13.00 WIB.
  • Eksplorasi Persiapan Langsung Ngayogjazz 2022. Cibuk Kidul, Margoluwih, Seyegan (venue Ngayogjazz). Jumat, 18 November 2022, mulai pukul 13.00 WIB.

Wisata Alam dan Sejarah Terpopuler di Yogyakarta

  1. Kraton Yogyakarta

Jogja adalah sebuah Daerah Istimewa, yang dipimpin oleh seorang raja yaitu Sultan Hamengkubuwono X. Seorang raja tentu saja butuh istana, dan Keraton Yogyakarta adalah istananya. Sejarah panjang Kesultanan Yogyakarta pun bisa kamu lihat langsung di sini.

Kamu bisa mengunjungi Kompleks Utama Keraton Yogyakarta yang dibuka untuk umum pada pukul 08.30 – 13.00 WIB, kecuali Jumat hanya sampai 11.00 WIB. Ada pemandu yang bisa menemanimu menjelajahi area Kraton. Tetapi kalau kamu ingin berjalan-jalan sendiri pun tak masalah.

Harga tiket masuk Kraton Yogyakarta sangat murah, hanya Rp 5.000 untuk wisatawan domestik dan tambahan Rp 1.000 untuk izin berfoto.

  2. Kalibiru

Tempat yang terletak di Bukit Menoreh, Kulonprogo, Yogyakarta ini juga sedang naik daun dan banyak didatangi oleh wisatawan. Pemandangan alam serta beberapa wahana yang terdapat di tempat ini menjadi daya tarik utama. Disini anda akan merasakan udara sejuk dan segar yang masih belum tercemar polusi.

Hutan yang  masuk ke dalam kepemilikan pemerintah ini saat ini memang dikelola oleh masyarakat dan dijadikan sebagai objek wisata alam serta edukasi. Terkelola dengan sangat baik, jika anda ingin berkunjung ke tempat ini anda membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 90 menit dari pusat kota.

Fasilitas wisata sudah cukup lengkap termasuk ketersediaan pondok atau penginapan yang mampu menampung 10-15 orang. Dengan harga tiket masuk Rp 2 ribu, anda bisa berfoto di gardu pandang dan menaiki wahana flying fox dengan biaya antara Rp 5-10 ribu/orang. Tempat ini sangat cocok bagi mereka yang menggemari fotografi karena pemandangannya sangat fotogenik.

  3. Hutan Pinus Mangunan

Membicarakan Jogja rasanya tidak tepat jika tidak menampilkan Hutan Pinus Mangunan dalam daftar tempat wisata populer di Jogja. Jika kamu sangat mencintai suasana yang tenang dan dekat dengan alam serta dikelilingi rindangnya pepohonan, tempat ini harus masuk dalam daftar kunjung anda selama di Jogja.

Hutan Pinus Mangunan terletak kurang lebih 24 km dari pusat kota dan memakan waktu selama 45 menit untuk tiba disini. Belum ada tiket masuk resmi untuk memasuki tempat ini, namun anda harus menyiapkan biaya parkir sebesar Rp 3-10 ribu. Fasilitasnya cukup lengkap mulai dari lokasi outbound, toilet, gardu pandang, mushola hingga area parkir.

  4. Candi Prambanan

Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Indonesia, dan terletak di Klaten, tepatnya perbatasan antara Jogja dengan Jawa Tengah. Candi ini menjadi salah satu tempat wisata di Jogja yang paling populer, dan bahkan menjadi tempat syuting bagi variety show dunia.

Candi Prambanan dibangun sekitar tahun 850 Masehi, oleh Raja Rakai Pikatan dari Kerajaan Mataram Kuno. Sebagian area candi berhasil dipugar setelah runtuh karena ditelantarkan dan berbagai bencana alam, namun sebagian lainnya tidak bisa dibangun kembali dan akhirnya dikumpulkan berserakan di sekitar kompleks candi. Diperkirakan, dulunya ada sampai 240 candi di area Candi Prambanan, meski kini hanya tersisa 18 candi saja.

  5. Candi Borobudur

Meskipun tidak berada di area Yogyakarta, melainkan di Muntilan, Jawa Tengah. Namun candi Buddha terbesar di dunia ini adalah salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi jika kamu sedang liburan ke Jogja! Jaraknya dari pusat kota Jogja adalah sekitar 40 km, atau 1,5 jam dengan mengendarai mobil. Nggak terlalu jauh kan?

Berbentuk persegi dengan 9 platform dan satu candi utama di puncaknya, bentuk Borobudur benar-benar indah baik dilihat dari sekitarnya maupun dari ketinggian. Dindingnya berukir, dan bukan sekadar ukiran – namun jalinan cerita baik kondisi masyarakat di masa itu hingga cerita-cerita Buddha.

Candi Borobudur terutama populer banget di masa Waisak, ketika acara pelepasan lampion dilakukan sebagai bagian dari perayaan Waisak di sana. Selain itu, Candi Borobudur juga merupakan tempat wisata terbaik untuk melihat sunrise lho! Nggak heran kamu juga bisa menemukan , dimana kamu bisa menikmati pengalaman sunrise yang berbeda.

Rasanya sudah tidak sabar, untuk segera ke Yogyakarta kan? Eits, tapi tunggu dulu, selain Ngayogjazz, masih banyak lho event menarik lainnya. Jangan sampai ketinggalan yha! Kamu bisa catat jadwalnya dengan mengunjungi website Karisma Event Nusantara sekarang juga.