5 Tips Memilih Meja Makan Minimalis

Bagi pasangan baru yang akan menempati rumah, biasanya sudah mulai berburu furniture tak terkecuali meja makan. Meja makan menjadi salah satu perabot rumah tangga yang paling penting karena memenuhi kebutuhan pokok saat makan bersama.

Meja makan yang bagus harus sesuai dengan bujet, kokoh serta kuat, dan sesuai dengan ukuran ruangan rumah. Meja makan biasanya dipakai hingga bertahun-tahun sehingga pemilihannya harus sesuai dengan desain rumah dan kebutuhan. Jangan sampai salah membeli meja makan yang diharapkan menjadi tempat berinteraksi anggota keluarga di rumah.

Ada banyak meja makan yang bagus dengan harga yang tidak murah. Soal harga sebenarnya tidak perlu khawatir karena kamu bisa banget menggunakan kredit cepat. Selama meja makan yang dipilih sudah sesuai, harga adalah pertimbangan terakhir karena meja makan adalah barang yang awet dan akan menemani perkembangan keluarga tersebut mungkin hingga akhir hayat.

Ukur Meja Sesuai Anggota Keluarga

Ukuran meja bukan hanya harus sesuai dengan ukuran di dalam rumah atau ruang makan tetapi juga harus muat sesuai dengan jumlah anggota keluarga. Terkadang ada meja makan yang terlalu kecil atau malah terlalu besar hingga memenuhi ruangan makan keluarga.

Cara yang tepat tentu saja dengan mengukur secara tepat. Ada jeda antara bagian belakang kursi, sehingga ada akses keluar masuk yang mudah ke meja makan. Jarak kursi dengan dinding pun harus dipertimbangkan agar tidak terlalu mepet. Oleh karena itu, paling tidak kamu harus memahami dl berapa ukuran ruang makan, kemudian ukuran meja makan menyesuaikan. Pastikan juga meja makan sesuai dengan jumlah anggota keluarga di rumah.

Sesuaikan Bentuknya dengan Kebutuhan

Bentuk meja makan bulat tidak disarankan untuk dipilih. Umumnya meja makan berbentuk bulat hanya digunakan di restoran atau di acara-acara khusus saja seperti pernikahan maupun gala dinner. Bentuk meja makan yang disarankan adalah berbentuk oval atau persegi. Rata-rata untuk keluarga kecil memerlukan bentuk persegi sehingga muat untuk empat orang anggota keluarga.

Perhatikan Bentuk Kaki-Kaki Meja Makan

Bentuk kaki-kaki akan sangat menentukan area yang nyaman untuk kaki saat masuk ke dalam bagian bawah meja makan. Kaki-kaki yang memiliki siku atau jembatan biasanya akan sedikit menghambat sehingga area kaki menjadi terbatas. Sedangkan kaki-kaki tanpa jembatan atau siku memberikan area yang lebih luas bagi setiap orang.

Meja makan dengan kaki di setiap ujung meja lebih banyak dipilih karena selain memberikan ruang buat kaki, juga bisa memberikan ruang untuk kursi sehingga kursi-kursi bisa dimasukkan ke dalam kolong meja saat tidak digunakan. Membuat ruang makan menjadi lebih luas saat meja makan tidak digunakan.

Pilih Material yang Tepat

Memilih material yang tepat untuk meja makan mungkin buat sebagian orang memang hal yang sulit. Material atau bahan meja makan akan mempengaruhi harga meja makan yang hendak dibeli. Selain itu, material meja makan akan sangat bergantung pada selera masing-masing.

Beberapa material meja makan yang paling umum adalah berbahan kayu karena biasanya lebih awet bertahun-tahun serta sangat kokoh. Namun, biasanya bobotnya sangat berat sehingga akan sulit untuk dipindahkan terutama ketika rumah dijadikan tempat untuk acara-acara keluarga seperti acara kumpul, pengajuan dan sebagainya.

Selain bahan kayu, meja makan dengan bahan stainless steel atau besi juga banyak dipilih meskipun kesannya menjadi kaku. Namun, jika rumah yang menggunakan tema industrial akan cocok menggunakan bahan besi atau stainless steel. Hindari menggunakan meja berbahan marmer, atau keramik karena bobotnya biasanya sangat berat.

Bandingkan Harganya dengan Toko Sebelah

Soal harga tentu aja sangat bergantung pada bahan serta desain. Harga meja makan akan sangat bervariasi. Jika kamu tertarik untuk mencari desain-desain meja makan yang lucu khususnya untuk rumah minimalis bisa mencari ide ke IKEA. Apalagi belanjanya bisa pakai kredit cepat dari Kredivo.

Harga meja makan di IKEA paling rendah mulai dari Rp500 ribuan muat buat dua orang tapi belum termasuk kursi. Jika kamu ingin mencari yang sudah termasuk kursi, bisa pilih model Sandsberg Rp800 ribuan untuk dua orang, atau JOKKMOKK yang muat buat empat orang dengan harga kisaran Rp3,4 jutaan saja.

Jika pakai Kredivo, bisa menggunakan cicilan 3 bulan tanpa bayar bunga, cukup bayar biaya admin saja 3% dari harga meja makan yang kamu pilih. Jika ingin lebih fleksibel bisa cicil 6 hingga 12 bulan dengan bunga 2.6% per bulan. Daftar jadi member Kredivo sekarang, kamu bisa belanja langsung baik online maupun offline di IKEA dengan mudah. Bagi member premium, dapatkan limit pinjaman hingga Rp50 juta.