Cara Menambahkan Bluetooth Ke TV Apa Pun

– Iklan –

Mengubah TV Anda menjadi perangkat berkemampuan Bluetooth adalah cara yang bagus untuk meningkatkan fungsionalitas TV. Anda mungkin perlu melakukan ini untuk mentransfer audio melalui koneksi nirkabel ke sistem suara eksternal seperti Mp Player, headphone, soundbars, dan sebagainya.

Ini seharusnya tidak menjadi masalah jika Anda memiliki TV pintar karena banyak yang sudah menyertakan fitur Bluetooth. Namun, pemilik non-smart TV dan mereka yang menggunakan smart TV entry-level mungkin tidak mendapatkan ini dengan mudah. Kabar baiknya adalah Anda juga dapat menambahkan Bluetooth ke TV Anda selama ia memiliki port output audio.

Sebelum kita membahas sepenuhnya diskusi, berikut adalah ringkasan dari artikel ini:

Cara Membuat Kualitas Kamera Laptop Lebih Baik

Cara Menambahkan Bluetooth Ke Smart TV

– Iklan –

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, sebagian besar TV pintar sudah memiliki fitur Bluetooth dan tidak memerlukan pemancar Bluetooth eksternal. Secara historis, TV pintar unggulan adalah satu-satunya yang menampilkan Bluetooth di masa lalu sebelum produsen TV mulai menampilkannya di hampir semua TV pintar untuk bertahan dalam persaingan industri.

Jika Anda memiliki salah satu smart TV yang tidak memiliki fitur Bluetooth, Anda harus menggunakan metode yang dijelaskan untuk menambahkan Bluetooth ke non-smart TV. Sebelum itu, Anda harus memastikan bahwa TV Anda tidak memiliki fitur Bluetooth.

Ilustrasi smart tv- panduan membeli TV

Cara Memeriksa Apakah TV Anda Kompatibel dengan Bluetooth

Jarak Jauh Cerdas

Biasanya, ketika TV Anda dilengkapi dengan remote pintar, maka ia dilengkapi Bluetooth, seperti yang terlihat di TV Samsung. Namun, jika itu tidak cukup meyakinkan, Anda juga dapat memeriksa kompatibilitasnya melalui langkah-langkah di bawah ini:

  • Arahkan ke Pengaturan TV
  • Pilih Suara
  • Pilih Keluaran Suara
  • Temukan Daftar Speaker Bluetooth dari opsi

Jika Anda melihat ini, berarti TV Anda memiliki fitur Bluetooth dan mendukung koneksi melaluinya. Jika tidak, TV Anda mungkin tidak kompatibel dengan Bluetooth, tetapi Anda harus mencoba metode berikutnya.

Port Keluaran Audio

Anda juga dapat melihat apakah TV Anda memiliki port output audio untuk dihubungkan ke pemancar Bluetooth. Port ini dapat terletak di sisi depan belakang, samping, atau bagian bawah. Kami akan berbicara lebih banyak tentang output audio saat kami melanjutkan.

Panduan Pengguna Dan Cek Online

– Iklan –

Cara terakhir adalah dengan memeriksa manual pengguna atau online untuk memeriksa spesifikasi TV Anda di internet.

Cara Menambahkan Bluetooth ke Non-Smart TV

Ya, mengubah TV non-pintar menjadi TV berkemampuan Bluetooth melalui pemancar Bluetooth dimungkinkan. Pemancar Bluetooth adalah aksesori kecil yang memungkinkan TV mana pun untuk mengirimkan suara melalui Bluetooth, karena memiliki port output audio.

Menghubungkan pemancar ke TV Anda sangat mudah dan Anda harus mencolokkannya ke port output audio. Untuk menggunakan pemancar Bluetooth dengan TV Anda, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pastikan TV memiliki port output audio dan dapatkan pemancar Bluetooth yang kompatibel
  • Hubungkan pemancar Bluetooth ke port output audio
  • Konfirmasikan bahwa pemancar memiliki daya dan pasangkan dari perangkat Bluetooth penerima
  • Setelah koneksi dibuat, suara akan dikirimkan melalui perangkat suara Anda dari TV

– Iklan –

Perhatikan bahwa pemancar Anda harus kompatibel dengan port output audio TV Anda untuk bekerja secara efektif. Ada berbagai jenis port output audio, tetapi kita akan membahas tiga (3) yang paling umum dan bagaimana mengidentifikasinya.

Jenis Port Output Audio Dan Cara Mengidentifikasinya

Umumnya, jenis output audio yang dimiliki TV Anda akan ditunjukkan di bawah port, meskipun Anda mungkin tidak memahami beberapa di antaranya. Di bawah ini adalah tiga port output audio paling umum yang ditemukan di sebagian besar TV:

RCA

Port RCA adalah yang tertua dari ketiganya dan dapat ditemukan di model TV lama. Kabel ini biasanya diberi kode merah, putih, dan kuning dan dapat ditemukan di bagian belakang TV. Namun, Anda juga dapat menemukannya di bagian depan atau samping TV.

Mereka biasanya tidak memiliki indikator untuk diidentifikasi, meskipun Anda mungkin menemukan Output di bawah port untuk menandakan port output audio.

Port Audio Optik

Port audio optik adalah jenis port terbaru dan menawarkan transmisi audio dan video berkualitas tinggi melalui kabelnya. Mereka juga dikenal sebagai port Toslink dan dilambangkan dengan Optik di bawah port untuk menunjukkan port output audio optik.

Pelabuhan bantu

Port tambahan adalah jenis port TV paling populer di luar sana dan digunakan untuk menggantikan port RCA. Untuk mengidentifikasinya, Anda akan melihat label “AUX Out atau AUX Output” di bawah port. Namun, port ini mendukung kabel RCA dan AUX, jadi; Anda bisa mendapatkan pemancar apa pun yang berjalan di sini.

Itu adalah berbagai jenis port TV, dan TV Anda mungkin menampilkan salah satunya. Anda mungkin menghadapi beberapa masalah jika Anda menggunakan pemancar Bluetooth yang tidak kompatibel dengan TV Anda, dan ini termasuk:

Kualitas Audio Buruk

Anda mungkin melihat suara retak yang tidak biasa di latar belakang yang menghilang setelah memutuskan sambungan Bluetooth. Ini mungkin menunjukkan pemancar Bluetooth yang tidak kompatibel, meskipun Anda harus menyambungkan kembali perangkat untuk mengonfirmasi kecurigaan Anda.

Penundaan Audio

Anda mungkin juga mengalami penundaan audio atau masalah sinkronisasi bibir. Ini terjadi ketika tindakan yang ditampilkan tidak cocok dengan audio. Anda akan setuju bahwa ini membuat frustrasi dan menghilangkan kesenangan menonton film atau bermain game secara instan.

Ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk pemancar yang tidak kompatibel, jarak jauh, dan beberapa koneksi Bluetooth. Berusahalah untuk mengurangi jarak Anda dari TV dan putuskan sambungan perangkat lain untuk melihat apakah masalah telah teratasi. Jika tidak, Anda mungkin perlu mencoba pemancar Bluetooth lain.

Gangguan Audio

Terkadang, audio akan terputus pada interval alih-alih penundaan audio. Bila ini terjadi secara teratur, maka ada masalah dengan koneksi atau pemancar. Penyebab masalah ini mirip dengan penundaan audio dan harus didekati dengan solusi yang sama.

Total Kehilangan Suara

Dalam kasus ekstrim, speaker eksternal akan gagal menghasilkan suara setelah koneksi. Ini menunjukkan bahwa pemancar sama sekali tidak kompatibel dengan TV Anda atau TV tidak mendukung Bluetooth. Ini jarang terjadi karena adanya output audio menunjukkan dukungan untuk produksi audio eksternal.

Mengapa Menambahkan Bluetooth ke TV Anda?

Menambahkan Bluetooth ke TV Anda sangat penting untuk mendapatkan pengalaman audio terbaik dari TV. Bukan berita bahwa speaker TV yang menghasilkan kualitas audio yang buruk dapat ditingkatkan melalui soundbars nirkabel dan sistem suara nirkabel lainnya, tetapi menghubungkan tidak mungkin tanpa Bluetooth.

Bluetooth juga akan memastikan Anda menyingkirkan kabel yang panjang dan koneksi yang berantakan. Akhirnya, ini memungkinkan Anda untuk menonton TV kapan saja tanpa mengganggu tetangga Anda karena Anda dapat dengan mudah menghubungkan headphone Anda.

Kesimpulan

TV Anda dapat melakukan lebih dari yang Anda bayangkan, tetapi memerlukan aksesori tambahan untuk membuka fitur ini. Menambahkan Bluetooth ke TV Anda adalah salah satu metode untuk membuka kunci fitur ini.

Mulailah dengan mengonfirmasi kompatibilitas TV Anda dengan pemancar Bluetooth dan gunakan metode kami untuk menghubungkan pemancar ke TV Anda untuk membawa pengalaman audio Anda ke dimensi yang Anda inginkan

– Iklan –