Cara Membuat Kualitas Kamera Laptop Lebih Baik

– Iklan –

Kamera laptop tidak pernah berkualitas tinggi dan tidak sampai sekarang. Meskipun Anda tidak akan melakukan pengambilan gambar video atau gambar profesional pada kamera laptop, namun tetap memerlukan beberapa kualitas dasar untuk menghasilkan gambar yang layak. Baik Anda melakukan panggilan video kepada seseorang atau konferensi video bisnis, kamera Anda harus berkualitas baik agar dapat ditonton. Tapi, bagaimana caranya agar kualitas kamera laptop lebih baik?

Dalam kebanyakan kasus, solusinya adalah menambahkan webcam eksternal. Tetapi Anda dapat meningkatkan kualitas kamera tanpa mengeluarkan uang untuk membeli kamera baru. Dan itulah yang akan saya ceritakan di sini.

Cara Membuat Kualitas Kamera Laptop Lebih Baik

Jadikan kualitas kamera laptop lebih baik

Ketika Anda tidak punya pilihan untuk mengganti kamera laptop built-in dengan kamera eksternal, Anda harus mengandalkannya. Tapi jangan mempertimbangkan rekaman jelek yang biasanya disediakan oleh kamera laptop. Anda dapat meningkatkan kualitas kamera dengan mengikuti beberapa tips yang akan saya tunjukkan di sini.

Perbarui Driver Kamera Dan Perangkat Lunak

– Iklan –

Kualitas kamera meningkat secara digital jika Anda memperbarui driver. Ini secara otomatis mempengaruhi sistem perangkat lunak kamera untuk memberikan rekaman yang lebih baik dari sebelumnya. Bahkan jika Anda melakukan obrolan video, pastikan untuk menggunakan versi terbaru dari perangkat lunak itu. Perangkat lunak ini biasanya memberikan kontrol kamera yang lebih baik dan meningkatkan kualitas gambar secara digital dengan teknologi pemrograman terbaru.

Bersihkan Lensa Kamera

Jika Anda kasar menggunakan kamera Anda, lensa kamera Anda mungkin terdiri dari debu. Akibatnya, Anda tidak mendapatkan performa yang prima dari kamera laptop Anda. Jadi, itu bisa menjadi alasan mengapa kamera laptop sangat buruk.

Pembersihan yang tepat pasti akan memberikan kualitas rekaman yang lebih baik, itu sudah pasti. Menggunakan cairan pembersih lensa dan kit lain yang biasa Anda gunakan untuk membersihkan display laptop sudah cukup untuk membersihkannya. Jika memiliki banyak debu, tiupkan udara terlebih dahulu. Kemudian teteskan sebagian cairan dan bersihkan menggunakan kain bersih.

Tingkatkan Pencahayaan

Baik itu kamera laptop atau kamera profesional, pencahayaan adalah faktor kunci dalam meningkatkan kualitas gambar. Oleh karena itu, Anda harus memastikan sumber pencahayaan yang tepat untuk mendapatkan kualitas gambar yang lebih baik dari kamera laptop Anda.

Anda bisa mendapatkan berbagai laptop meja yang sangat cocok untuk itu. Namun jangan mengatur pencahayaan yang terlalu keras yang dapat mengganggu mata Anda. Gunakan cahaya lembut yang dapat meningkatkan kualitas gambar namun tidak mengganggu Anda sama sekali.

– Iklan –

Dan itu tentang cahaya di depan Anda. Juga, Anda harus menambahkan pencahayaan di belakang Anda untuk mendapatkan rekaman yang lebih baik. Tapi cahaya itu tidak boleh terlalu terang.

Fokus pada Latar Belakang

Meskipun Anda berada di tengah bingkai, beberapa elemen latar belakang muncul pada rekaman yang dapat mengganggu dan akhirnya menurunkan kualitas gambar Anda secara keseluruhan.

Misalnya, memiliki terlalu banyak objek di latar belakang dapat menarik perhatian penonton ke objek tersebut daripada Anda. Juga, jika banyak objek bergerak yang muncul, itu mengganggu. Terakhir, memiliki jendela yang memproyeksikan cahaya yang tidak biasa dapat menyebabkan suar dan pantulan di layar.

– Iklan –

Jadi, mendapatkan latar belakang yang bersih selalu lebih baik untuk video. Oleh karena itu, pemirsa Anda hanya akan fokus pada Anda daripada objek latar belakang.

Ubah Resolusi Tampilan

Sesuaikan resolusi tampilan saat Anda melihat gambar yang terdistorsi atau buram di kamera laptop Anda. Cobalah untuk turun satu atap lebih rendah untuk melihat apakah kualitasnya bagus sekarang. Dan lakukan sampai Anda mendapatkan kualitas gambar yang lebih baik. Namun, jangan pernah menggunakan resolusi terlalu rendah; yang dapat mengganggu pengalaman Anda secara keseluruhan.

Jangan Membebani Laptop Anda

Saat Anda melakukan panggilan video kepada orang lain, coba singkirkan beberapa aplikasi yang tidak perlu untuk memastikan laptop Anda berfungsi dengan baik. Membebani laptop Anda secara berlebihan dapat menurunkan kinerja dan kualitas gambar laptop Anda secara keseluruhan. Jadi, menutup aplikasi yang tidak Anda gunakan saat itu adalah praktik yang baik untuk menjaga laptop Anda tetap dingin dan berfungsi dengan baik. Misalnya, Anda tidak akan menonton video youtube saat Anda sedang melakukan panggilan video. Jadi, mengapa Anda harus terus menjalankannya? Tutup itu untuk membiarkan laptop Anda bekerja pada panggilan video untuk memberikan kinerja prima.

Pengaturan Video Laptop

Terakhir, sesuaikan pengaturan video laptop Anda. Jika ini adalah laptop baru, ada kemungkinan resolusi yang lebih rendah akan diatur secara otomatis. Atau, setelah memperbarui driver dan perangkat lunak default, ubah resolusi kamera Anda. Juga, sesuaikan kecerahan, rona, dan saturasi untuk mendapatkan kualitas gambar yang tepat. Anda mungkin tidak melihat peningkatan besar dalam kualitas, tetapi tentu saja itu akan memberikan kualitas kamera yang lebih baik.

Ganti Kamera Laptop Anda Dengan Webcam

jadikan kamera laptop lebih baik dengan webcam

Setelah melakukan semua perubahan yang telah saya sebutkan, sekarang saatnya untuk menggantinya dengan webcam eksternal jika Anda tidak melihat peningkatan kualitas kamera Anda. Dan Anda mendapatkan berbagai webcam di pasaran yang memiliki resolusi dan kualitas kamera yang lebih baik untuk menghasilkan footage berkualitas tinggi untuk video call atau merekam video Anda. Tetapi pastikan untuk mendapatkan webcam yang lebih pas di laptop Anda. Jika laptop memiliki dagu yang cukup besar, Anda dapat meletakkannya di sana melalui klip yang disertakan dengan webcam. Jika tidak, Anda harus mendapatkan webcam yang dapat berdiri sendiri di atas meja. Namun Anda harus menyesuaikan bingkai dan pencahayaan untuk mendapatkan kualitas gambar yang optimal.

Kesimpulan

Nah itulah cara membuat kualitas kamera laptop menjadi lebih baik. Jika Anda tidak memiliki kesempatan untuk mendapatkan webcam eksternal, ikuti tips di atas untuk menghilangkan kualitas gambar jelek dengan cepat. Tapi itu selalu merupakan pilihan yang lebih baik untuk menambahkan kamera eksternal untuk meningkatkan kualitas kamera di laptop Anda. Bahkan jika Anda mendapatkan laptop terbaru, Anda akan mendapatkan kualitas gambar yang lebih baik dari kamera internal yang cukup untuk panggilan video atau bahkan merekam video. Selama Anda memastikan lingkungan yang tepat, kamera laptop Anda cukup untuk melakukan panggilan video yang layak tanpa mengeluarkan uang ekstra untuk webcam.

– Iklan –