Tips Mendaki Ke Gunung Rinjani Untuk Perjalanan Aman

Gunung Rinjani adalah salah satu gunung yang paling ingin ditaklukan oleh para pendaki baik yang pemula bagi yang sudah profesional. Meskipun mendaki gunung adalah aktivitas yang penuh tantangan karena harus melewati area yang terjal dan tidak luas tapi tetap banyak dilakukan oleh orang-orang, anak muda maupun orang tua yang fisiknya masih bagus.

Saat ini sudah banyak Rinjani Trekking Tour Company baik dari luar negeri maupun dalam negeri. Untuk Anda yang belum terlalu jago untuk mendaki gunung pastikan tahu terlebih dahulu apa saja yang perlu dipahami saat ingin mendaki Rinjani.

1. Persiapan Mental

Yang pertama Anda harus melakukan persiapan mental terlebih dahulu. Adapun untuk mendaki gunung harus mengikuti SOP yang berlaku. Seorang pendaki tidak boleh memiliki riwayat penyakit berbahaya seperti jantung, asam urat, epilepsi, gangguan ginjal, asma dan masih banyak lagi. Bahkan Anda yang bagian tubuhnya ditanam pen akibat patah tulang dalam waktu 2 tahun juga tidak boleh melakukan pendakian.

Para pendaki juga dihimbau untuk melakukan olahraga minimal seminggu sebelum mendaki untuk jaga kesehatan. Wajib juga untuk membawa bekal makanan dan pakaian secukupnya.

2. Ketahui Medan Pendakian

Mengetahui medan pendakian juga sangat penting ketika ingin mendaki gunung karena setiap jalur dan medan akan berbeda-beda. Misalnya jika Anda ingin mendaki Gunung Rinjani, maka ketahui seputar medan pendakian di jalan.

Cari tahu informasi bagaimana jalur pendakian di Rinjani lewat media sosial, informasi di blok dan website. Atau bisa juga mendapatkan informasi langsung dari teman yang sudah pernah mendaki ke gunung tersebut dan membaca aturan yang berlaku.

3. Mendaki Gunung Bersama Teman

Mendaki gunung untuk para pemula maka sebaiknya jangan melakukan pendakian solo. Karena cukup tidak aman meskipun melakukan aktivitas penuh tantangan ini membuat anda jauh lebih punya keberanian.

Mendaki gunung bersama teman juga cukup mengasyikkan. Atau agar lebih aman Anda bisa menggunakan TO atau tracking operator dan guide serta menggunakan jasa porter. Umumnya jasa TO ini satu paket dengan jasa porter dari kalangan masyarakat setempat, sehingga sudah sangat mengetahui Medan pendakian di Rinjani.

Jasa porter ini juga sangat membantu untuk persiapan perlengkapan standar pendakian. Bagi Anda yang membawa banyak barang bisa terbantu oleh jasa porter sehingga energi Anda tidak akan cepat habis selama perjalanan sejak naik dan turun kembali.

Sementara ketika menggunakan guide maka akan memandu para pendaki supaya perjalanan tidak nyasar.

4. Punya Peralatan Standar

Ketika anda akan mendaki harus punya peralatan yang lengkap minimal peralatan standar harus dimiliki. Berdasarkan SOP saat mendaki tidak boleh membawa barang yang berpotensi menimbulkan sampah karena akan dilaporkan nantinya. Bahkan para pendaki diimbau untuk membersihkan sampah pendakian secara mandiri.

Anda juga dilarang membawa barang-barang yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti sabun, sampo, deterjen, tisu basah dan peralatan lainnya yang juga berpotensi untuk melakukan merusak lingkungan.

Saat akan melakukan pendakian anda juga harus registrasi online terlebih dahulu dan mengunduh aplikasi khusus eRinjani. Bagi yang tidak ingin repot untuk melakukan kepengurusan saat ingin melakukan tracking Rinjani maka anda bisa gunakan jasa tour Rinjani. Untuk Mount Rinjani Trek Prices akan dikenakan biaya sebesar $190 sampai $325 untuk keberangkatan minimal 2 peserta selama 2 hari sampai 4 hari perjalanan.

Syam Trekker akan membantu perjalanan pendakian ke Rinjani jauh lebih nyaman. Dengan paket trip yang disediakan sudah termasuk penjemputan, akomodasi hotel, peralatan pendakian dan camping dan masih banyak lagi. Informasi lebih lengkap bisa kunjungi Syamtrekker.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *