Lowongan Karir Astra Resmi Dibuka, Ini Tahapan Seleksi dan Rekrutmennya

Apakah Anda seorang jobseeker dan sedang mencari lowongan Astra terbaru? Jika ya, maka inilah saat terbaik bagi Anda untuk mulai mempersiapkan diri.

Sebab, saat ini PT Astra International Tbk tengah menggelar recruitment berskala besar bagi pelamar dari berbagai latar belakang, mulai dari fresh graduate, pekerja berpengalaman, maupun profesional yang akan di tempatkan di berbagai anak perusahaan Astra.

Bagi Anda yang ingin berkarir di Astra, momen rekrutmen besar-besaran ini tentu menjadi kesempatan emas yang tak boleh dilewatkan. Namun, sebelum melamar lowongan Astra karir, lebih baik pahami dulu tahapan seleksi dan proses rekrutmen Astra, agar chance Anda lolos pun semakin besar. 

PT Astra International Tbk, Perusahaan Multinasional Indonesia

PT Astra International Tbk adalah perusahaan multinasional berdiri sejak 1957. Hingga saat ini, Astra telah memiliki lebih dari 222.000 orang karyawan aktif di 240 anak usaha. Adapun banyaknya anak usaha Astra tersebut secara umum terbagi menjadi tujuh segmen usaha, yaitu;

  • Perdagangan Umum
  • Industri
  • Jasa Pertambangan
  • Perusahaan Transportasi Indonesia
  • Perusahaan Logistik atau Pengangkutan
  • Pertanian atau Agribisnis
  • Pembangunan dan Jasa Konsultasi

Jika Anda memiliki impian berkarir di Astra, tak ada salahnya untuk segera cek kesediaan lowongannya, daftarkan diri, dan dapatkan pekerjaan impian.

6 Tahapan Proses Rekrutmen Astra

Sama seperti perusahaan lainnya, proses rekrutmen Astra pun memiliki beberapa tahapan seleksi untuk memastikan setiap kandidat yang lolos adalah insan pilihan. 

Dalam proses rekrutmen, usai Anda melamar lowongan karir Astra, setidaknya ada 6 tahapan yang harus Anda jalani, di antaranya:

1. Psikotes atau TKKA

Tahapan pertama adalah psikotes atau tes kemampuan untuk melihat kepribadian dan bagaimana personalitas Anda. Umumnya, hasil psikotes berlaku selama satu tahun, sehingga Anda berkesempatan untuk melakukan wawancara dengan perusahaan-perusahaan lain yang berada di bawah naungan Astra dengan menggunakan hasil tersebut.

2. Group Discussion

Setelah psikotes, tahapan selanjutnya yang wajib Anda jalani adalah diskusi grup. Namun, tahapan ini umumnya akan Anda jalani apabila melamar untuk posisi Management Trainee atau MT. Jadi, bagi pelamar di posisi kerja lainnya hanya akan melewati tahapan kedua ini.

3. Wawancara Human Capital

Selanjutnya, Anda akan menjalani wawancara human capital atau proses wawancara dengan tim rekrutmen Astra.

4. Wawancara User

Berbeda dengan wawancara HC, di tahapan ini Anda akan di-interview langsung oleh calon atasan dari posisi yang Anda lamar.

5. Medical Check Up atau Tes Kesehatan

Umumnya, medical check up terdiri dari 5 pemeriksaan kesehatan, yakni: pemeriksaan riwayat kesehatan, pemeriksaan tanda vital, kondisi fisik, tes laboratorium, dan terakhir adalah tes buta warna.

6. Offering atau Penawaran Karyawan

Terakhir, ada tahapan offering di mana Anda akan menerima penawaran untuk ditempatkan di posisi sesuai kualifikasi apabila sudah lolos dari semua tes yang ada. Anda akan dipanggil untuk mendapatkan penawaran kerja, penandatanganan kontrak, dan saatnya bekerja.

Satu hal yang perlu Anda perhatikan, Astra tidak pernah memungut biaya dalam setiap proses rekrutmen karyawan. Selain itu, Astra juga tidak bekerja sama dengan travel mana pun, sehingga Anda wajib berhati-hati dengan informasi dan tahapan yang tidak benar.

Astra Virtue: Alternatif Daftar Lowongan Astra Karir

Untuk membuktikan eksistensinya sebagai perusahaan bergengsi, PT Astra International Tbk menghadirkan Astra Virtue yang merupakan job fair konvensional yang dikemas secara daring.

Astra Virtual Job Fair ini umumnya digelar beberapa periode untuk mengecek lowongan, berinteraksi dengan recruiter, dan melamar pekerjaan di berbagai perusahaan Astra (bidang otomotif; alat berat, jasa keuangan; konstruksi dan energi; pertambangan; agribisnis; infrastruktur dan logistik; teknologi informasi; dan properti).

Sama seperti di website Astra Karir, untuk mengikuti Astra Virtue, Anda juga harus terlebih dahulu memiliki akun dengan langkah yang sama dengan membuat akun di website Astra. Anda hanya perlu mendaftar di situs https://virtue.astra.co.id/register kemudian mengisi data yang diperlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *