Resolusi TV Dijelaskan- UHD, 4K, FHD, 8K, QHD

Resolusi TV Dijelaskan- UHD, 4K, FHD, 8K, QHD

– Iklan –

Membeli TV baru di era ini bukanlah tugas yang mudah mengingat semua fokus teknis yang digunakan oleh pemasar untuk menggambarkan spesifikasi TV. Seringkali, Anda pasti menemukan FHD, UHD, 4K, dan 8K dan bertanya-tanya apa yang sebenarnya mereka wakili. Wajar saja jika Anda bingung, apalagi jika Anda baru pertama kali melihat istilah seperti itu, meskipun setelah membaca artikel ini, Anda akan menghilangkan kebingungan tersebut.

Apa itu Resolusi TV?

Ilustrasi smart tv- panduan membeli TV

Saat Anda melihat TV dengan tag 4K atau 8K, pikiran pertama yang muncul di benak Anda adalah resolusi TV. Namun, sebanyak kata “resolusi” umum, artinya tampaknya tidak populer meskipun tidak punya otak.

Resolusi TV hanya mengacu pada jumlah piksel yang digunakan untuk menerangi layar TV. Setiap piksel hanyalah titik kecil berwarna terang seperti Light Emitting Diodes (LED). Resolusi TV biasanya ditulis sebagai perkalian binomial; yaitu, A×B, dengan angka pertama (A) mewakili piksel horizontal (-) sedangkan angka kedua (B) mewakili piksel vertikal (I).

– Iklan –

Anda pasti pernah mendengar resolusi seperti 1280×720, 1920×1080, 3840×2160, dan seterusnya, yang merupakan resolusi TV paling umum. Kami akan membahasnya secara rinci di bagian selanjutnya.

Jenis Resolusi TV- HD, FHD, 4K, dan 8K

Ada banyak kesalahpahaman dalam memahami resolusi TV, semata-mata karena kelalaian teknis dari produsen TV. Mereka cenderung menggabungkan dua resolusi TV yang berbeda untuk mewakili satu produk. Kami akan menjelaskan bagaimana ini terjadi dan perbedaan resolusi TV yang tersedia.

Resolusi TV Dijelaskan

HD Dan 720p

HD bukanlah kata baru bagi siapa saja yang telah membeli TV sebelumnya karena biasanya dilampirkan ke resolusi TV lain seperti FHD, QHD, dan UHD. Singkatan High Definition telah menjadi pilihan banyak pengguna TV karena kemungkinan besar konsumen akan membeli TV dengan spesifikasi HD.

Banyak TV HD memiliki resolusi yang berbeda, meskipun yang paling umum adalah 1280x720p. Inilah sebabnya mengapa banyak produsen TV menggambarkan TV HD sebagai 720p. “p” kecil setelah 720 dapat dianggap sebagai piksel; dengan demikian, TV HD akan memiliki sekitar satu juta piksel.

FHD dan 1080p

TV HD secara bertahap menjadi langka di pasar karena produksinya sangat rendah. Hal ini karena banyak orang tidak akan mau membeli TV HD yang resolusinya tidak memenuhi standar TV saat ini. Hal ini memberikan keuntungan bagi TV Full High Definition (FHD) untuk mengambil alih pasar. FHD memiliki sekitar 2x jumlah piksel dalam HD (2 juta) dengan resolusi tipikal 1920x1080p. Oleh karena itu, mereka juga sering disebut sebagai TV 1080p.

QHD, 1440p dan 2K

– Iklan –

Anda harus tahu bahwa ada perbedaan antara QHD dan qHD. Sementara yang pertama (QHD) mengacu pada 2x resolusi HD standar, yang terakhir menyiratkan seperempat dari resolusi HD standar. Oleh karena itu, TV QHD standar akan memiliki sekitar empat juta piksel dengan resolusi 2560×1440 termasuk dalam kategori 1440p.

Sebaliknya, qHD standar akan memiliki resolusi 960×540 piksel dan termasuk dalam kategori TV 540p. Total piksel dalam TV qHD lebih dari 500.000.

Resolusi lain yang melekat pada grup ini adalah 2K. Resolusi 2K sering disebut QHD oleh banyak produsen TV karena sekitar setengah dari resolusi 4K. Namun, ini tidak benar karena 2K mengacu pada TV apa pun dengan salah satu dimensi resolusinya di atas 2000. Oleh karena itu, QHD hanya merupakan jenis resolusi 2K.

– Iklan –

Perlu dicatat bahwa sebagian besar TV QHD memiliki kualitas tampilan yang lebih baik daripada TV 2K karena memiliki rasio aspek yang lebih lebar, dan mungkin, Anda juga pernah menemukan spesifikasi seperti WQHD sebelumnya. WQHD secara teknis sama dengan QHD.

4K, UHD, dan 2160p

Saat Anda membeli TV 4K, Anda akan melihatnya memiliki Ultra High Definition (UHD) dengan font besar di sampingnya. Akibatnya, secara umum diyakini bahwa TV UHD dan 4K adalah sama meskipun sebenarnya tidak. Kedua resolusi sebenarnya serupa tetapi memiliki rasio aspek yang berbeda dan melayani tujuan yang berbeda.

Sementara TV 4K sebagian besar digunakan untuk tampilan terbaik di bioskop dan untuk penggunaan profesional, UHD diproduksi dengan mempertimbangkan Anda dan saya. Ini paling baik diamati jika Anda mempertimbangkan rasio aspek TV 4K yang lebih lebar daripada TV UHD 16:9 pada umumnya.

TV 4K normal akan memiliki resolusi 4096×2160 piksel, sedangkan TV UHD akan hadir dengan resolusi HD 4x standar untuk menampung 3840×2160 piksel. Karena kedua resolusi TV memiliki angka vertikal 2160 piksel, Anda dapat menganggap keduanya termasuk dalam kategori resolusi TV 2160p. Oleh karena itu, ketika Anda melihat TV dengan 2160p, itu adalah TV 4K atau UHD.

8K dan 4320p

Resolusi TV terakhir dan terbaru adalah resolusi 8K yang memiliki resolusi standar 7680×4320. TV ini tidak begitu populer karena video 8K masih sangat langka, dan mungkin perlu waktu bertahun-tahun bagi kami untuk mulai menontonnya lagi.

TV 8K memiliki lebih dari 33 juta piksel dan menghasilkan gambar gambar yang jelas dan mendetail sedemikian rupa sehingga titik-titik hitam yang diamati pada resolusi TV lainnya dihilangkan. Karena mereka memiliki 4320 piksel vertikal, mereka juga disebut sebagai TV 4320p.

Anda sekarang dapat melihat bahwa resolusi TV dapat direpresentasikan menggunakan jumlah piksel vertikal yang mereka miliki, sebagai kelipatan dari HD standar dan teknologi HD yang mereka gunakan.

Resolusi TV Terbaik Untuk Dibeli Pada 2022

Setelah mempertimbangkan semua jenis resolusi TV yang umum, fokus kami selanjutnya adalah memutuskan yang terbaik dari resolusi tersebut saat ini. Dalam keadaan normal, TV 8K akan menjadi yang terbaik karena menghasilkan kualitas gambar terbaik; namun, membeli TV semacam itu akan membuang-buang uang karena sebagian besar film memiliki kualitas di bawah 8K.

Akibatnya, resolusi TV terbaik pada tahun 2022 adalah salah satu dari 4K atau UHD. Sebagai konsumen, TV Ultra High Definition (UHD) adalah pilihan yang lebih baik, sementara pembuat film profesional akan mempertimbangkan resolusi TV 4K terlebih dahulu. Meskipun demikian, resolusi TV tidak cukup untuk menilai kualitas tampilan secara keseluruhan.

Tidak mengherankan jika menemukan TV FHD dengan kualitas tampilan yang lebih baik daripada TV UHD karena beberapa faktor lain juga berkontribusi pada kualitas gambar TV secara keseluruhan. Faktor-faktor ini termasuk rentang dinamis, kecerahan, kontras, akurasi warna, tingkat kegelapan, kecepatan refresh, sudut pandang, dan bahkan waktu respons. Lihat Panduan membeli TV kami yang menjelaskan semua fitur ini.

Misalnya, jika Anda melihat TV dengan resolusi berbeda dari jarak jauh, Anda tidak akan melihat perubahan apa pun dalam kualitas tampilannya karena tampilannya akan sama. Oleh karena itu, pastikan untuk melihat lebih dekat jika Anda ingin memilih perubahan kualitas tampilan dari resolusi TV yang berbeda.

TV 4K terbaik

Apakah Resolusi Sama Dengan Ukuran Layar?

Jawaban sederhana untuk pertanyaan ini adalah modal NO. Resolusi layar dan ukuran layar adalah dua istilah yang berbeda, meskipun beberapa pemasar mungkin telah meyakinkan Anda tentang homogenitasnya. Ukuran layar mengacu pada dimensi fisik layar TV, biasanya diukur secara diagonal di seluruh layar TV, sedangkan resolusi layar berbicara tentang jumlah piksel yang dimiliki layar.

Anda juga harus tahu bahwa meskipun layar besar menyiratkan ukuran layar yang besar, bukan berarti TV memiliki resolusi tinggi. Anda tidak dapat menentukan resolusi sebuah TV hanya dengan mempertimbangkan ukuran layar, meskipun TV dengan layar besar biasanya memiliki resolusi yang tinggi.

Ukuran layar juga tidak menentukan kualitas gambar yang dihasilkan oleh TV sementara resolusi layar memainkan peran utama dalam menentukan ini. Jadi, jangan tertipu oleh ukuran layar TV tetapi pertimbangkan resolusi dan faktor lain yang kami nyatakan yang memengaruhi kualitas tampilan TV.

Kesimpulan

Meskipun resolusi TV sangat penting, Anda juga harus ingat untuk mempertimbangkan beberapa faktor lain yang meningkatkan kualitas tampilan TV. Selain itu, Anda mungkin tidak aneh tentang ini jika Anda hanya perlu sesuatu untuk mengejar ketinggalan dengan beberapa acara favorit Anda atau Berita @ 7.

Resolusi apa pun antara FHD dan UHD sudah cukup untuk penggunaan di rumah, dan Anda dapat menyerahkan resolusi 4K dan 8K kepada para profesional.

Pembaruan terakhir pada 2022-09-05 / Tautan afiliasi / Gambar dari API Iklan Produk Amazon

– Iklan –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *