6 Oleh-Oleh Khas Bandung Paling Enak dan Populer

Mencari oleh-oleh khas Bandung adalah salah satu hal yang tak boleh terlewatkan saat mengunjungi kota ini. Bandung sendiri terkenal dengan kulinernya yang menggugah selera. Bahkan saat ini makanan seperti batagor, seblak, cilok, cimol, dan lain-lain begitu laris dan sudah tersebar di daerah-daerah lain di luar Kota Bandung. Dengan demikian, terbukti bahwa kuliner atau makanan Kota Kembang ini bisa diterima di berbagai daerah di Indonesia.

Jika setelah liburan kamu bingung mencari tempat membeli oleh oleh khas Bandung, kamu bisa mengunjungi toko pusat oleh-oleh Bandung seperti yang berada di Jalan Cihampelas, Pasar Baru Trade Center, Pasar Jumat Pusdai, Pasar Kaget Gasibu/Pasar Kaget Monju, Pasar Gedebage, dan lainnya. Nah, untuk membantumu memilih oleh-oleh khas Bandung paling enak dan populer, berikut kami berikan informasinya buat kamu. Keep scrolling, ya!

Berikut ini Oleh-Oleh Khas Bandung yang Wajib Kamu Coba

1. Bolu Susu Lembang

Untuk oleh oleh khas Bandung yang satu ini, kehadirannya sering diburu wisatawan yang berkunjung ke kota kembang. Bolu Susu Lembang mulai muncul ke permukaan sejak Desember 2017. Bahan dasar olahannya yang terbuat dari susu menjadikan bolu ini sangat dan merepresentasikan Lembang sebagai peternakan sapi penghasil susu. Soal ketahanan, Bolu Susu Lembang bisa bertahan kurang lebih dari 3 hari pada suhu ruangan dan kurang lebih 1 minggu saat disimpan di lemari pendingin.

Bolu Susu Lembang ini memiliki tiga varian yakni rasa original, susu vanila, dan susu cokelat. Bagi kamu yang memiliki uang pas-pasan, oleh oleh khas Bandung ini akan bersahabat dengan kantongmu. Harga eceran resminya dijual diharga 33 ribu rupiah untuk rasa original dan susu vanila dan 34 ribu untuk varian rasa susu cokelat.

2. Peuyeum

Jika ditanya, makanan khas Bandung apa yang berjuluk ”jajanan sejuta umat”, maka jawabannya adalah peuyeum atau tape. Peuyeum adalah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari singkong dengan rasa yang manis dan legit. Selain bisa dimakan langsung, peuyeum juga bisa digunakan sebagai bahan dasar membuat colenak, kue, es campur, hingga bolen.

Tidaklah sulit menemukan peuyeum di Bandung. Bentuknya yang khas dan mudah dikenali yaitu putih dan panjang, membuatmu mudah menemukannya di toko atau kios. Tempat yang menyediakan peuyeum, di antaranya di sepanjang jalan Cileunyi sebelum masuk tol Cipularang, atau di kawasan Jalan Cihampelas apabila di dalam kota Bandung, dan di sekitar terminal Leuwipanjang.

3. Surabi

Di antara banyaknya kuliner khas Bandung yang harus kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh adalah surabi. Jika dulu surabi dikenal sebagai jajanan tradisional dan kurang diminati, maka kini berbeda.

Inovasi berupa berbagai toping menarik di atasnya menjadikan surabi sebagai salah satu oleh-oleh yang wajib dibawa pulang dari Bandung. Surabi juga cocok dihidangkan dengan minuman hangat seperti teh untuk menambah sensasi nikmat rasanya.

4 .Cireng

Oleh-oleh khas Bandung selanjutnya adalah cireng. Hmm, kalau yang satu ini juga pasti kalian sudah tahu, kan? Cireng sendiri merupakan singkatan dari aci digoreng. Makanan yang terbuat dari campuran tepung kanji, air, merica, garam, bawang putih, kedelai, dan daun bawang ini paling enak kalau dinikmati menggunakan bumbu rujak pedas atau bisa juga dengan sambal kacang sambil minum teh.

Menariknya, saat ini sudah banyak juga cireng dengan berbagai macam isian, seperti keju, daging ayam, daging sapi, dan sosis. Meskipun saat ini kita sudah bisa menemukan cireng di supermarket, tapi tidak ada salahnya membelinya langsung di tempat asalnya sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

5. Seblak

Belangan ini, seblak menjadi makanan populer dan kekinian yang banyak diminati. Makanan ini terbuat kerupuk basah yang dibumbui pedas serta diberi tambahan bahan lain.

Kalau kamu ingin menikmati makanan ini, tak perlu jauh-jauh datang ke Bandung. Kamu bisa membawa pulang seblak instan yang sudah dikemas rapi. Dengan begitu, ketika sampai tinggal diseduh.

6. Tahu Bandung

Jika yang familier di telinga adalah tahu sumedang, berbeda dengan makanan khas Bandung yang satu ini. Ya, hanya berbeda namanya saja, Tahu Bandung. Kamu bisa membawa oleh-oleh berupa Tahu Bandung untuk buah tangan orang di kampung. Sebagai saran, ketika membeli Tahu Bandung, beli lah saat masih hangat agar saat sampai ke rumah rasanya masih enak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *